Friday, December 21, 2018

Mari Mengenal Base64

Sebelumnya Saya menunjukkan artikel perihal Emoticon Wordpress Untuk Blogger, dalam artikel tersebut ada kata base64. Kalian sudah mengenal base64 atau gres mengenalnya sekarang. Yuk, mari Kita ulas mengenai base64.

Pengertian Base64

Base64 yakni metoda yang dipakai untuk melaksanakan encoding (penyandian) terhadap data binary sehingga menjadi “printable” atau pendek katanya data binary disandikan menjadi format 7-bit character semacam pecahan isi email.

Saya hanya akan menjelaskan arti inti dari sebuah base64, sebab apabila kita jelaskan akan sangat panjang atau Anda juga sanggup membacanya lengkap di Wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Base64.

Intinya Base64 yakni isyarat yang disusun oleh 64 karakter, dimana karakternya ( berdasarkan : RFC 1421 ) terdiri dari ( A-Z, a-z, 0-9, +, /)  atau “ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZabcdefghijklmnopqrstuvwxyz0123456789+/”. Tapi ada satu karater perhiasan yaitu “=”, yang fungsinya untuk menggenapkan atau istilahnya sebagai pengisi pad.

Contoh Penggunaan Base64

Untuk lebih memahami Base64 Saya akan menunjukkan misalnya dengan mengubah gambar ke Base64. Misalkan Anda memiliki gambar dengan ukuran 10 Kb, maka apabila Anda merubahnya ke base64 ukurannya akan sama 10 Kb tetapi dirubah ke dalam sandi yang sulit diterjemahkan. Apabila Anda menyimpan data base64 tersebut ke Template Anda, maka ukuran file template Anda akan bertambah 10 Kb. Berikut yakni gambar
Ini yakni URL dari gambar diatas
https://1.bp.blogspot.com/-rPOl-p7g-1w/WYnFTSlrpfI/AAAAAAAABe4/5qenZ_Boa8k1voBcRcY6-j5Y0bIrnh3GQCLcBGAs/s1600/kangmousir.png
Kemudian Saya rubah ke data Base64 String,untuk melihatnya silakan klik link dibawah ini.
https://pastebin.com/aUvuxJJ1
Coba Anda buka kedua data tersebut di browser Anda, keduanya akan terlihat dengan gambar yang sama. Namun coba Anda bandingkan kecepatan kedua data tersebut. Pada URL pertama dikala dibuka browser harus membaca data tersebut lalu diproses dahulu dimana gambar tersbut di unggah. Sedangkan pada data base64 gambar pribadi terbuka, sebab semua data diproses dalam satu kali.

Support

Base64 tentunya tidak sanggup dibaca di semua browser, oleh sebab itu base64 hanya support pada browser dibawah ini.
  • Internet Explorer 8+
  • Google Chrome
  • Opera Mini
  • Firefox
  • Safari
Kita juga sanggup merubah file ke base64 menyerupai Gambar, Font, File HTML, CSS, JS dll.

Alat Untuk Merubah File Ke Base64

  • www.motobit.com/util/base64-decoder-encoder.asp‎
  • www.base64decode.org
  • webcodertools.com/imagetobase64converter‎
  • www.freeformatter.com/base64-encoder.html‎
  • www.opinionatedgeek.com/dotnet/tools/base64encode/
Dari alat diatas Saya sering memakai webcodertools.com/imagetobase64converter‎ sebab lebih gampang dan cepat ( berdasarkan Saya ).
Itulah klarifikasi yang sanggup Saya berikat tentang Base64. Semoga dengan adanya artikel ini Anda sanggup memahami tentang Base64. :D

Sumber http://kang-mousir.blogspot.com

Artikel Terkait

Mari Mengenal Base64
4/ 5
Oleh